Rehabilitasi Pasca Stroke

Rehabilitasi pasca stroke adalah suatu upaya rehabilitasi stroke terpadu yang emlibatkan berbagai disiplin ilmu kedokteran dan merupakan kumpulan program, termasuk pelatihan, penggunaan modalitas alat, dan obat-obatan. Rehabilitasi pasca stroke yang di mulai sedini mungkin (cepat dan tepat) dapat membantu pemulihan fisik yang lebih cepat dan optimal, sera menghindari kekakuan sendi (kontraktur) yang dapat terjadi apabila tidak melakukan apa-apa setelah pasien terkena stroke.

Sekarang ini rehabilitasi pasca stroke sudah sangat jauh berkembang dibanding beberapa dekade lalu. Zaman dahulu, bila seseorang terkena stroke, berarti dunia sudah kiamat untuk dirinya. Ia hanya bisa duduk diam tanpa daya di kursi roda, putus asa dan depresi. Seiring perkembangan dunia kedokteran  yang semakin pesat, para ahli di seluruh dunia terus melakukan riset dan mencari apa yang terbaik bagi pasien pasca stroke, mulai dari penggunaan obat-obatan khusus, merencanakan lathan motorik sensorik, hingga penggunaan modalitas alat-alat tertentu.

Rehabilitasi pasca stroke sebaiknya dilakukan sedini mungkin berkala, dan berkesinambungan. Bahkan sesaat setelah pasien masuk rumah sakit pun akan langsung dilakukan rehabilitasi pasca stroke. Dengan memulai terapi sedini mungkin, diharapkan dapat mempercepat proses pemulihan dari otot-otot anggota gerak dan menimalkan kekakuan, serta  mengurangi komplikasi akibat tirah baring yang lama.

Rehabilitasi pasca stroke dimulai segera setelah seseorang terkena stroke dan dirawat dirumah sakit. Menggerakkan otot secara pasif pun dapat dilakukan apabila pasien koma. Segera setelah keadaan pasien stabil dan dapat diajak berinteraksi maka rehabilitasi yang lebih aktif dapat dimulai. Pasien yang dinilai stabil dapat dirawat jalan saja dan kembali dengan teratur ke rumah sakit untuk melanjutkan program rehabilitasi.

 


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Penyakit Stroke dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Stroke and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>