Penyakit Stroke Iskemik

Stroke iskemik adalah stroke yang disebabkan katena adanya hambatan atau sumbatan pada pembuluh darah otak tertentu sehingga daerah otak yang diperdarahi oleh pembuluh darah tersebut  tidak mendapat pasokan energi dan oksigen, sehingga pada akhirnya jaringan sel-sel otak di daerah tersebut mati dan tidak berfungsi lagi. 

Stroke iskemik ini dibagi menjadi beberapa tipe menurut penyebabnya :

A. Trombosis (terjadi di pembuluh darah yang besar)
Trombosis adalah bekuan darah. Stroke trombosis adalah stroke yang terjadi karena adanya sumbatan di pembuluh darah besar di otak karena adanya gumpalan/ plak yang terbentuk akibat proses aterosklerotik (pengerasan arteri). Stroke karena trombosis ini merupakan stroke yang paling sering terjadi (hampir 40% dari seluruh stroke). Plak aterklerotik tersebut akan menyumbat suatu pembuluh darah tertentu di otak yang pada akhirnya daerah otak yang seharusnya mendapat pasokan oksigen dan nutrisi tersebut menjadi kekurangan oksigen (disebut iskemia) dan akhirnya menjadi darah mati (infark). Plak aterisklerotik biasanya menyumbat pembuluh darah besar disekitar leher ataupun didasar otak. Hambatan/ sumbatan yang terjadi di pembuluh darah yang cukup besar tersebut biasanya akan menghasilkan stroke iskemik yang luas di otak (daerah infark yang luas).

Proses aterosklerosis itu sendiri di percepat oleh berbagai faktor seperti hipertensi, diabetes, hiperkolesterol, dan faktor-faktor lainnya. Bagaimana proses terjadinya ateroskelrosis terjadi karena penimbunan lipid (lemak) berikut  kolesterol yang diselipkan dibawah lapisan intima dari pembuluh darah oleh arus darah. Proses ini dipercepat oleh hiperkolesteremia dan beban terhadap dinding pembuluh darah akibat hipertensi.

B. Lakunar (terjadi di pembuluh darah yang kecil)
Stroke lakunar adalah stroke yang terjadi pada pembuluh-pembuluh darah kecil yang ada di otak. Terjadi sekitar 20% kasus dari seluruh stroke. Stroke lakunar ini disebabkan oleh adanya sebuah lesi/ luka yang kecil, berbatas jelas berukuran kurang lebih 1,5 cm yang biasanya terletak di daerah subkortikal, kapsula interna, batak otak, dan serebelum (otak kecil). Stroke lakunar ini berkaitan kuat dengan hipertensi dan juga dihubungkan dengan perubahan mikrovaskular yang timbul karena hipertensi kronis dan kencing manis (diabetes mellitus). Penyumbatan pada pembuluh darah kecil ini biasanya tidak memberikan dampak stroke yang parah.

C. Emboli Serebral
Stroke emboli adalah stroke yang terjadi oleh karena adanya gumpalan darah/ bekuan darah yang berasal dari jantung, dan kemudian terbawa arus darah sampai ke otak, kemudian menyumbat pembuluh darah di otak.


=====================================

>>> Obat Stroke Alami Membantu Melancarkan Sirkulasi Darah, Membantu Mencegah Penyakit Stroke, dan Mengurangi Gejala Stroke, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Stroke and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *