Penanganan Stroke Iskemik

Prinsip penatalaksanaan dari fase akut stroke iskemik adalah membatasi kematian sel-sel otak yang sudah terjadi, dan memulihkan sel-sel otak yang sedang dalam proses iskemik. Sekarang ini obat-obatan trombolitik, seperti misalnya rt-PA (recombinant tissue-Pasminogen Activator). Obat ini bekerja dengan menghancurkan sumbatan/ bekuan darah yang terjadidi pembuluh darah otak. Obat ini sangat mahal harganya dan mempunyai efek samping yang berbahaya yaitu pendarahan.

Pengobatan dengan rt-PA hanya boleh dilakukan bila stroke  terjadi kurang dari 3 jam, karena bisa lebih dari 3 jam akan beresiko terjadinya perdarahan. Dokter akan menjelaskan dan menginformasikan segala terapi yang diberikan berikut dengan manfaat dan resiko, serta efek sampingnya masing-masing. Kemudian barulah gejala-gejala perburukan klinis yang lain  ditangani.

Stroke iskemik merupakan stroke yang berjalan d an berkembang perlahan-lahan. Perburukan klins pasien sangat mungkin terjadi. Pasien yang tadinya masih sanggup mengangkat tangan, setelah 24 jam kemudian menjadi tidak sanggup. Pasien yang semula sadar bisa jatuh tidak sadar/ koma. Pembengkakan otak (edema otak) bisa terjadi dalam 3 sampai 5 hari setelah serangan stroke.

Terapi dengan manitol bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan otak. Hipertensi (tekanan darah tinggi) sering muncul mengikuti setelah stroke. Penanganannya memerlukan perhatian khusus karena tidak boleh menurunkan tekanan darah terlalu cepat (tetapi bertahap), karena hal ini memperburuk keadaan penderita tetapi bila terlalu tinggi dapat menyebabkan stroke hemoragik.


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Penyakit Stroke dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Stroke and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>